Blog belajar bahasa inggris dan iklan bahasa inggris. Pelajaran Bahasa Inggris untuk kita semua.

Tips Membuat Pengumuman atau Iklan Berbahasa Inggris

Tips Membuat Pengumuman atau Iklan Berbahasa Inggris - Bahasa Inggris bisa digunakan sebagai media penyampaian pengumuman maupun iklan bahasa inggris. Keduanya memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan serta ada aspek yang perlu diperhatikan dalam mencapai tujuan dibuatnya iklan atau pengumuman tersebut. Pada intinya, tidak sulit membuat iklan maupun pengumuman menggunakan bahasa Inggris karena hampir sama dengan Bahasa Indonesia, yang membedakan hanya pada penggunaan bahasanya saja. Karena keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu membagi informasi pada audiens atau pembaca maka perlu diperhatikan beberapa aspek penting supaya informasi yang disampaikan bisa diterima dengan jelas dan tidak terjadi salah informasi. Selain itu, harus diketahui pula cara supaya iklan atau pengumuman yang dibuat efektif dan orang tertarik untuk mencari tahu lebih dalam.

Antara Pengumuman dan Iklan Bahasa Inggris

Ada beberapa kesamaan yang dimiliki baik pengumuman maupun iklan bahasa inggris. Keduanya bertujuan membagi informasi dari suatu hal. Namun yang berbeda adalah, iklan mempengaruhi atau mengajak audiens untuk memiliki atau menggunakan dari suatu produk yang dibuat oleh suatu pihak, sementara pengumuman adalah memberi informasi mengenai sesuatu. Keduanya, harus memenuhi aspek efektif supaya pesan tersampaikan dengan baik dan juga beberapa kriteria. Kesamaan kriteria dari iklan dan pengumuman adalah, penggunaan bahasa, detail informasi dan target audiens yang dituju. Apabila menggunakan bahasa Inggris, sebaiknya menggunakan bahsa yang sederhana dan mudah dipahami dan menghindari menggunakan istilah teknis yang kurang familier di telinga masyarakat awam, sebab pesan menajdi tidak diterima dengan baik.

Tips Membuat Pengumuman atau Iklan Berbahasa Inggris
Tips Membuat Pengumuman atau Iklan Berbahasa Inggris

Karena ditujukan untuk orang banyak, maka keduanya harus mampu menarik perhatian dan bahasa menjadi kunci untuk daya tarik orang agar mau membaca. Selain itu, informasi yang diberikan harus jelas dan menjawab pertanyaan apa, mengapa, bagaimana, berapa, siapa dan kapan. Setidaknya, baik iklan maupun pengumuman mampu memberikan alasan untuk audiens untuk melakukan atau memiliki seperti yang tercantum pada kedua hal ini. Sedikit perbedaan dari iklan dan pengumuman, iklan menuntut informasi jelas dalam bahasa yang singkat dan padat, sedangkan pengumuman membutuhkan detail informasi agar efektif dan bisa menjawab semua pertanyaan. Bahasa iklan bisa juga digunakan sebagai bahasa pengumuman.

(iklan bahasa inggris cuma ada di http://iklanbahasainggris.blogspot.com/)

Aspek Penting dalam Pengumuman  Berbahasa Inggris

Ada banyak contoh pengumuman sekolah dalam bahasa inggris beserta artinya yang bisa dijadikan acuan dalam membuat pengumuman berbahasa Inggris. Yang penting untuk diperhatikan adalah pengumuman yang baik harus bisa menarik perhatian dengan memiliki target audiens yang jelas. Bahasa yang digunakan harus jelas dan padat. Selain itu, mampu menjawab pertanyaan yang secara umum pasti akan diajukan seperti 5W dan 1H, sehingga tidak menimbulkan pertanyaan berikutnya. Beberda dengan iklan yang memang dibuat untuk memancing rasa penasaran, pengumuman harus bisa menuntaskan rasa penasaran tersebut sebelum ada pertanyaan. Apabila membuat pengumuman dalam bahasa Inggris, bahasa umum yang sering digunakan dan familier di telinga akan lebih efektif daripada istilah teknis terkecuali bila pengumuman tersebut diedarkan untuk kalangan tertentu.

Dibawah ini merupakan contoh Pengumuman dalam Bahasa Inggris dan artinya :

Announcement

To All students in SMP 01 Bukit waringin, the various competition will be held by the school to celebrate of the 14th school birthday.Please prepare your class to join several game and competition such as quiz, sports, fun bike and many more. Your class may join more than one quiz or game. The game will conduct on Friday, 23 January at the school yard. You may sign up your team immediately. Win many door prizes and trophy.

Baik dalam pengumuman maupun iklan bahasa inggris, perlu ada daya tarik lain selain dari bahasa dan penggunaan kata. Menambahkan gambar yang unik atau menggunakan tulisan dan warna yang lebih mudah ditangkap mata akan membuat otak lebih menangkap hal tersebut dan menyimpannya sehingga orang akan memiliki ingatan tentang suatu iklan atau pengumuman dengan membangkitkan memori dari apa yang menjadi daya tarik tersebut. Meski begitu, penggunaan bahasa yang jelas dan kreatif akan menjadi kunci dari efektifnya suatu pengumuman yang diberikan.

Tips Membuat Pengumuman atau Iklan Berbahasa Inggris Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown